Siang guys kali ini saya akan membahas terknologi terbaru dari Jepang. Sebelum saya bahas teknologi ini, kalian pernah gak sih berpikir kena...

Smart Trash Can

Siang guys kali ini saya akan membahas terknologi terbaru dari Jepang. Sebelum saya bahas teknologi ini, kalian pernah gak sih berpikir kenapa semua teknologi modern kebanyakan pertama di buat di Jepang? mungkin moto yang meraka anut cuma satu yaitu "Saya harus kerja keras menemukan teknologi baru untuk melakukan tugas-tugas saya, jadi saya bisa males-malesan." Saya beragumen seperti itu karna baru2 ini di Jepang di temukan teknologi baru, yaitu Smart Trash Can yang dibuat oleh Minoru Kurata.

Sekilas, Smart Trash Can ini memang mirip dengan tempat-tempat sampah pada umumnya tapi Minoru sudah memodifikasinya sedemikian rupa sehingga dia bisa berjalan kesana-kemari menangkapi sampah-sampah yang dibuang sembarangan. Jadi, di Jepang masa depan besok, orang-orangnya mungkin pada males jalan menuju ke tempat sampah kali ya? Kan tinggal buang aja sembarangan, toh nanti juga tempat sampahnya bakal menghampiri sendiri hehehe. Cek videonya di bawah, gan!


Secara teknis, Smart Trash Can buatan Minoru ini berjalan di atas sistem yang ditopang oleh tiga modul utama, yaitu Kinect sensor, komputer, dan papan penggerak. Ketika seseorang melemparkan sampahnya ke udara, Kinect sensor yang dipasang di dinding akan melacak pergerakannya dan datanya akan disampaikan ke komputer lewat Wi-Fi.

Oleh komputer, data ini akan digunakan sebagai penghitungan koordinat dimana sampah itu akan mendarat. Hasil penghitungan akan disampaikan ke papan penggerak de bawah Smart Trash Can yang sudah dilengkapi dengan tiga roda kecil. Roda akan bergerak menuju koordinat yang telah diberitahukan oleh komputer, dan si sampahpun masuk ke tempatnya dengan sendirinya. Rumit banget, kan? Nih saya kasih gambar Smart Trash Can ini guys:



Tampak Luar

Tampak Dalam

Penampakan mesin

Pengujian
Meskipun terdengar sudah matang, Minoru mengatakan teknologi ini masih perlu banyak penyempurnaan. Dia mengatakan bahwa presentase kesuksesan dari Smart Trash Can untuk menangkap sampah hanya berkisar 10-20%. Selain itu, seseorang harus melemparkan sampahnya cukup tinggi untuk memungkinkan Kinect sensor melacaknya dengan tepat. Repot banget kan?Emang suka repot nih, orang Jepang padahal tinggal kita jalan apa susahnya coba?

0 komentar: