Hallo guys sorry ya agak lama ngepost nya, soalnya lg banyak tugas nih hehehe  kali ini saya mau membahas tentang Printer 3D atau printer 3...

Printer 3 D

Hallo guys sorry ya agak lama ngepost nya, soalnya lg banyak tugas nih hehehe  kali ini saya mau membahas tentang Printer 3D atau printer 3 Dimensi. Langsung aja ke TKP guys!!

Printer 3D atau printer 3 Dimensi adalah teknologi baru yang luar biasa. Disaat kita belum selesai mengagumi produk-produk printer 2 dimensi yang dapat menghasilkan tampilan kualitas gambar yang menajubkan atau dapat memproduksi karya 2 dimensi yang unik seperti cutting sticker, printer DTG untuk garmen dan lain sebagainya. Maka beberapa engineer hebat di dunia ini telah mampu menciptakan printer yang dapat mencetak benda atau objek dalam tampilan 3 dimensi mulai dari berbahan resin hingga berbahan metal stainless steel! Waow keren kan? 

Nih beberapa penampakan dari Printer 3Dnya guys:
UP PLUS 3D Printer (Rp 26.700.000)


FORM 1


Dan biasanya jika printer biasa menggunakan tinta untuk mencetak hasilnya tapi printer 3D ini mengganti tinta dengan bahan jenis resin sebagai material pembentuk objek 3 dimensi yang akan di cetak.

Penampilan resin kayak gini guys: 


Oh ya, kalian pasti bertanya-tanya kan tentang bagaimana cara kerjanya? Nih saya jelasin proses kerjanya, cekidot!

Prinsip utama untuk percetakan printer 3 dimensi yaitu membutuhkan data yang berbentuk 3 Dimensi juga atau yang disebut dengan “data digital tiga dimensi”. Dalam dunia keteknikan biasa disebut dengan CAD (Computer Aided Design). CAD merupakan aplikasi yang mampu menampilkan data dalam 3 dimensi. 

Sebenarnya ada beberapa metode kerja yang digunakan dalam membuat printer 3 dimensi. Metode kerja printer 3 dimensi yang pertama adalah yang menggunakan aplikasi, cara kerjanya yaitu bahan pengikat yang digunakan pada printer 3 dimensi ini menggunakan bubuk kering yang dipadukan dengan suatu bahan perekat berbentuk cairan, percampuran ini memungkinkan printer untuk membuat lapisan demi lapisan hingga menjadi sebuah objek yang nyata.

Metode lainnya adalah dengan menggunakan teknik photopolymerisasi, dimana cairan resin disorot dengan cahaya ultraviolet yang akhirnya mengeraskan cairan tersebut. Selanjutnya sinar laser yang akan dipancarkan mengarah sesuai dengan objek yang hendak dibuat. Dan sinar laser tersebut akan meleburkan bagian yang bukan bagian dari objek yang diinginkan.

Wooow canggih sekali bukan printer 3D ini? Cara kerja ini mirip dengan cara kerja para pemahat kayu atau batu gelondongan untuk dipahat menjadi sebuah objek yang diinginkan. Tentu saja dengan adanya teknologi ini sebuah desain dapat langsung diwujudkan ke dalam bentuk aslinya dengan perantara komputer. Bila pada teknologi konvesional manufaktur harus melalui proses panjang dan rumit, dengan teknologi ini kalian tidak perlu lagi melalui proses panjang dan rumit tersebut. Printer 3D ini membuat benda dapat langsung dibuat satu persatu.

Masih pusing dengan penjelasan diatas? nih saya kasih videonya biar kalian semakin paham:



Berikut ini adalah beberapa hasil dari printer 3D:

Maket Bangunan
Menara Eifel Mini

Cincin dengan ukiran






0 komentar: